kelompok 1
A. HOME
Tab ini memiliki
fungsi untuk menyunting properti-properti tulisan seperti halnya mengganti font
yang digunakan dalam lembar dokumen Microsoft word 2007, ukuran font yang
diinginkan atau bahkan hingga penempatan paragraph sehingga tulisan akan
menjadi lebih rapi. Bagi yang sangat suka menulis menggunakan Microsoft word
ini, tentu tidak akan asing dengan Tab ini.[1]
Pada tab Home, terdiri
dari 5 sub tab, yakni :
1. Clipboard
Group Clipboard
terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
a. Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
b. Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
c. Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
d. Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen
ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil
di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan
mengenai fungsi suatu Group.
2. Submenu Font
Menu-menu di Group
Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
a.
Font : untuk memilih
jenis huruf
b.
Font Size : untuk
mengatur ukuran huruf
c.
Grow Font : untuk
memperbesar ukuran huruf secara instan
d.
Shrink Font : untuk
memperkecil ukuran huruf secara instan
e.
Change Case : untuk
mengubah status huruf kapital/huruf kecil
f.
Clear Formatting :
untuk menghapus pemformatan teks terpilih
g.
Bold : untuk
menebalkan teks terpilih
h.
Italic : untuk
memiringkan Teks terpilih
i.
Underline : untuk
memberikan garis bawah pada teks terpilih
j.
Strikethrough :
memberikan tanda coret padateks terpilih
k.
Subscript : untuk
mengetik karakter pemangkatan
l.
Superscript : untuk
mengetik karakter pemangkatan
m.
Text Effect : untuk
memberikan efek artistik pada teks terpilih
n.
Text Highlight Color :
untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
o.
Font Color : untuk
mengatur warna teks terpilih.
3. Paragraph
Group Paragraph
terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur
paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:[2]
a. Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf
terpilih
b. Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf
terpilih
c. Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
d. Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
e. Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke
kanan (format Latin)
f. Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan
ke kiri (format Arab)
g. Sort : untuk menyortir data
h. Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda
koreksi paragraph
i.
Align Text Left :
untuk mengatur teks rata kiri
j.
Align Text Right :
untuk mengatur teks rata kanan
k. Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
l.
Line Spacing : untuk
mengatur jarak antar baris teks
m. Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
n. Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
4. Styles
Group Styles terdiri
dari dua menu. Yaitu:
a. Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari
paragraf terpilih
b. Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraph
5. Editing
Secara umum group
Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
a. Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu
dalam suatu file
b. Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk
diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
c. Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di
dalam suatu file
B. INSERT
Tab insert ini
digunakan untuk mempercantik tampilan dokumen untuk memasukkan gambar/foto ke
dalam lembar kerja. Tab insert ini dapat dikatakan tab yang mendukung tab home
sehingga lembar kerja yang kita buat menjadi lebih menarik dan rapi.
Pada Tab Insert,
terdiri atas 7 Sub Tab yang sangat berguna yaitu :[3]
1. Pages
a. Cover page: Berfungsi untuk mengganti cover halaman micrososft
word. Contohnya secara defoult halaman sampul microsoft word hanya polos, Nah
untuk mengganti halaman sampul dengan tampilan yang ilegan, kita dapat
menggunakan fasilitas cover page.
b. Blank Page: Berfungsi untuk membuat halaman kosong baru. Jika
kita membuat halaman kerja, secara defoult kita hanya punya 1 halaman. Dan jika
kita ingin membuat dan menambahkan halaman kosong dapat memanfaatkan blank
page.
c. Page Break: Berfungsi untuk memisahkan paragraf dengan halaman
berbeda. hampir sama dengan dengan blank page, bedanya dengan page break adalah
kita dapat memisahkan pragraf dengan halaman yang berbeda.
2. Tabels
a. Tables: Digunakan untuk membuat dan menambahkanya table di
halaman kerja. contohnya jika kita ingin membuat sebuah laporan dan membutuhkan
kolom-kolom, kita dapat membuatnya melalui icon tables. dan untuk batasan kolom
secara defoult hanya 10 kali 8, bagaimana jika ingin menambahkan jumlah kolom
yang lebih banyak? Kita dapat mengaturnya melalui "inser table". melalui
inser table kita dapat menambahkan jumlah kolom yang kita inginkan.
3. Ilustrations
a. Picture: di gunakan untuk menambahkan atau menyisipkan file
gambar. Untuk menambahkan file gambar dihalaman kerja microsoft word, kita
dapat menambahkan gambar melalui menu gambar dan kita akan diarahkan ke file
komputer untuk memilih gambar
b. Clip Art: Berfungsi untuk menyisipkan gambar dari folder clip
art (yang tersedia di library program).
c. Shapes:di gunakan untuk menambahkan gambar seperti: line,basic
shapes, block arrows, Flowchart, callouts, start dan barnner.
d. SmartArt: di gunakan untuk menambahkan icon list,
procces, Cyde, Hierarchy, Relationship, matrix, Pyramid menggunakan graphic.
e. Chart: digunakan untuk menambahkan grafik column, line, pie,
bar, area, x y (scatter), stock, surface, doughnut, bubble, dan radar.
4. Links
a. Hyperlink: di gunakan untuk menambahkan url website. sebagi
contoh jika kita ingin menambahkan alamat website di salah satu teks yang kita
inginkan kita bisa menambahkanya melalui menu hyperlink.
b. Bookmark: berfungsi untuk membuat halaman favorit.
c. Cross-reference: di gunakan untuk membuat halaman refensi atau
rujukan.
5. Header and Footer
a. Header: di gunakan untuk membuat header di halaman kerja atas.
contohnya jika kita ingin menambahkan judul atau nama perusahaan di kepala
dokumen, sahabat dapat memanfaatkan menu header.
b. Footer: di gunakan untuk membuat fotter. hampir sama dengan menu
header, bedanya terletak di bawah halaman dokumen.
c. Page Number: di gunakan untuk membuat nomor di header dan footer
halaman kerja.
6. Text
a.
Text Box: di gunakan
untuk menbuat teks di dalam kotak. Untuk dapat menambahkan teks di dalam kotak
tentu di dalam halaman, kita bisa membuatnya melalui menu text box.
b.
Quick Parts: digunakan
untuk mengatur teks secara otomatis.
c.
WordArt: Digunakan
untuk mengubah teks dengan gaya yang ingin kita gunakan sebagai contoh, jika
kita ingin mengubah teks dengan gaya 3 dimensi dapat menggunakan menu quick
parts.
d.
DropCap: sering di
gunakan untuk memperbesar huruf di awal paragraf dengan berbagai gaya teks.
e.
Signature Line: di
gunakan untuk membuat tanda tangan dan nama.
f.
Date dan Time:
digunakan untuk menambahkan tanggal dan waktu di halaman kerja.
g.
Object: Di gunakan
untuk menambahkan file di halaman kerja contohnya file pdf.
7. Symbol
a.
Equation: digunakan
untuk menambahkan simbol-simbol persamaan yang sering digunakan untuk
matematika.
b.
Symbol: digunakan
untuk menambah kan simbol-simbol.
Komentar
Posting Komentar